Senin, 07 Januari 2013

Kondisi Geografis Bali

Pulau Bali terletak 3,2 km (2 mil) timur dari Jawa, dan sekitar 8 derajat selatan khatulistiwa. Bali dan Jawa dipisahkan oleh Selat Bali. Timur ke barat, pulau ini sekitar 153 km (95 mil) lebar dan mencakup sekitar 112 km (69 mil) utara ke selatan, luas daratannya adalah 5.632 km ².

Pegunungan tengah Bali termasuk beberapa puncak lebih dari 3.000 meter di ketinggian. Yang tertinggi adalah Gunung Agung (3.031 m), yang dikenal sebagai "gunung ibu" yang merupakan gunung berapi aktif. Pegunungan berkisar dari pusat ke sisi timur, dengan Gunung Agung puncak timur. Sifat vulkanik Bali telah memberikan kontribusi untuk kesuburan yang luar biasa dan rentang tinggi nya gunung memberikan curah hujan yang tinggi yang mendukung sektor pertanian yang sangat produktif. Selatan pegunungan merupakan daerah, luas terus turun di mana sebagian besar tanaman padi besar Bali tumbuh. Sisi utara pegunungan lereng lebih curam ke laut dan merupakan daerah penghasil kopi utama pulau, bersama dengan nasi, sayuran dan ternak. Sungai terpanjang, Sungai Ayung, mengalir sekitar 75 km.

Pulau ini dikelilingi oleh terumbu karang. Pantai di selatan cenderung memiliki pasir putih sementara di utara dan barat memiliki pasir hitam. Bali tidak memiliki saluran air besar, meskipun Sungai Ho adalah dilayari oleh kapal sampan kecil. Pantai pasir hitam antara Pasut dan Klatingdukuh sedang dikembangkan untuk pariwisata, tapi selain dari kuil tepi pantai Tanah Lot, mereka belum digunakan untuk pariwisata signifikan.

Kota terbesar adalah ibukota provinsi, Denpasar, dekat pantai selatan. Populasinya adalah sekitar 491.500 (2002). Kota kedua terbesar di Bali adalah ibukota kolonial tua, Singaraja, yang terletak di pantai utara dan merupakan rumah bagi sekitar 100.000 orang. Kota penting lainnya termasuk resor pantai, Kuta, yang praktis bagian dari wilayah perkotaan Denpasar, dan Ubud, yang terletak di sebelah utara Denpasar, merupakan pusat budaya pulau itu.

Tiga pulau kecil berbohong kepada timur selatan segera dan semua administratif bagian dari Kabupaten Klungkung Bali: Nusa Penida, Nusa Lembongan dan Nusa Ceningan. Pulau-pulau yang dipisahkan dari Bali oleh Selat Badung.

Di sebelah timur, Selat Lombok memisahkan Bali dari Lombok dan menandai pembagian biogeografis antara fauna dari ecozone Indomalayan dan fauna khas yang berbeda dari Australasia. Transisi dikenal sebagai Garis Wallace, dinamai Alfred Russel Wallace, yang pertama kali mengusulkan zona transisi antara dua bioma utama. Ketika permukaan air laut menurun selama zaman es Pleistosen, Bali terhubung dengan Jawa dan Sumatera dan ke daratan Asia dan berbagi fauna Asia, tetapi air yang mendalam dari Selat Lombok terus menjaga Pulau Lombok dan kepulauan Sunda Kecil terisolasi.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar